Profil Pondok Pesantren Al Firdaus Buntet Pesantren - Website Resmi PP. Al Firdaus Buntet Pesantren

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Profil Pondok Pesantren Al Firdaus Buntet Pesantren

Dalam catatan sejarah, Pondok Pesantren putra-putri Al-Firdaus Buntet Pesantren Astanajapura Kabupaten Cirebon didirikan oleh KH. Soleh sekitar tahun 1950. Kepemimpinan pondok pesantren ini di serahkan secara turun temurun kepada anak cucunya sehingga pada periode sekarang pondok pesantren Al Firdaus diasuh atau dipimpin oleh K. Qomarul Huda. Seiring dengan perkembangan zaman, pondok pesantren Al-Firdaus dengan segala potensi yang dimiliki berupaya meningkatkan antara sistem salafi dan sistem khalafi.

Sistem salafi adalah metode belajar dengan berpedoman kepada literatur para ilmuwan Muslim masa lalu, sedangkan sistem khalaf mengacu kepada pendidikan modern dengan kurikulum dan sistem pendidikan yang diterapkannya.

Pondok pesantren Al-Firdaus selalu menerapkan jurus-jurus baru untuk mengemas metode dalam mengaplikasikan antara ilmu dan amal, ini semata bukan karena tuntutan globalisasi atau karena modernisasi, tapi karena pada hakikatnya pondok pesantren Al-Firdaus lahir untuk menjadi pembaharu dari sesuatu yang kurang menentu bagi tumbuh kembangnya upaya membangun kehidupan yang bermoral.

Tugas pokok pondok pesantren Al-Firdaus adalah mempersiapkan sumber daya manusia dan menciptakan kader yang memiliki visi ke depan, yakni keseimbangan antara intuisi dan rasio yang memungkinkan sumber daya manusia kita itu tetap berpegang pada asas moral yang tinggi, tetapi juga mampu mengembangkan sikap hidup pragmatis yang bisa dipakai untuk menangani masalah-masalah yang dihadapi, yang pada gilirannya nanti sumber daya manusia itu di harapkan memiliki skill dan ketrampilan teknis yang tinggi tetapi tidak menghilangkan akar-akar budayanya.

Letak geografis

Di tempat yang sekarang ini berada, pesantren ini posisinya ada di antara dua Desa: + 80% Pesantren ini menjadi wilayah administratif Desa Mertapada Kulon dan sisanya bagian Barat milik Desa Munjul. Pesantren ini sendiri bukanlah nama Desa, melainkan hanya tempat/padepokan santri. Namun seiring dengan perkembangan zaman, dari ratusan tahun yang lalu, penduduk pesantren ini makin lama makin berkembang.Kepadatannya cukup besar. Wilayah Buntet Pesantren ini mirip sebuah desa yang cukup luas, tetapi bukanlah nama Desa Buntet. Sebab Desa Buntet yang memiliki kepala desa berlokasi sebelah Utara.

Adapun posisi pesantren ini terletak di antara dua desa, desa Mertapada dan desa Munjul. Sebelah Utara Pesantren ini dibatasi oleh Buntet Desa; sebelah Timur Desa Mertapada (LPI); Sebelah Selatannya adalah Desa Kiliyem dan sebelah Barat adalah Desa Munjul.

Visi dan Misi Pesantren

Pondok pesantren al-Firdaus mempunyai visi dan misi seperti halnya dengan pondok-pondok lain. Karena adanya visi dan misi yang terdapat dalam sebuah lembaga supaya tujuan lembaga tersebut lebih terarah dan mencapai tujuan yang pasti. Adapun visi dari pesantren al-Firdaus adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan potensi santri dalam menyiapkan generasi Islam yang tangguh dan berkualitas dalam ilmu pengetahuan, sehingga santri lulusan pesantren al-Firdaus diharapkan menjadi orang yang berguna bagi masyarakat sekitar.
  2. Berwawasan luas. Santri lulusan pesantren al-Firdaus diharapkan mempunyai wawasan yang luas, tidak hanya mempunyai wawasan pengetahuan agama saja, akan tetapi pengetahuan umum juga harus dikuasai oleh santri lulusan pesantren al-Firdaus.
  3. Mengembangkan pendidikan yang berbasis nilai. 
  4. Melakukan transformasi kepribadian, akhlak, tingkah laku, pola fikir dan sikap. Yang mana lulusan pesantren diharapkan mempunyai kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya, karena lembaga pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang bisa merubah atau memperbaiki kepribadian santri.


Adapun misi pondok pesantren al-Fidaus adalah sebagai berikut :
  1. Mengembangkan pesantren sebagai wujud kongkrit pengabdiannya kepada masyarakat dengan dilandasi moral dan etika guna melestarikan ajaran ahlu as-sunah wal jamaah
  2. Mewujudkan pesantren yang mampu menghasilkan lulusan yang dapat menguasai disiplin ilmu keislaman dan umum yang berakhlak mulia dan peduli kepda sesama.
  3. Memantapkan iman dan taqwa serta mengembangkan ilmu pengetahuan keislaman untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat berdasarkan Al-Quran dan Assunah.

Post Top Ad

Responsive Ads Here